Sabtu, 09 Januari 2021

Workshop Confirm Running : 1.Good Corporate Governance (GCG); 2. Air Cargo; 3.Hukum Kepailitan

 
Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
1 Day Workshop
Good Corporate Governance (GCG) Implementation
Kuretakeso Hotel - Kemang / Blue Sky - Slipi/Best Western Premier - Cawang, Jakarta, 14-15 Jan 2021
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.650.000,-
 

(Tata Kelola Perusahaan Yang Baik)

PENDAHULUAN

Indonesia terlambat dalam memahami dan implimentasi Good Corporate Governance (GCG). Konsep GCG diperkenalkan oleh International Monetary Fund (IMF) dalam rangka pemulihan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1998. Pada tahun 2001 Komite Nasional Indonesia untuk Kebijakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, mengeluarkan panduan dan arahan bagi perusahaan bisnis Indonesia yang antara lain berkaitan dengan: Pemegang Saham; Fungsi Dewan Komisaris; Fungsi Direksi; Sistem Audit; Sekretaris Perusahaan; Stakeholders;  Prinsip Transparansi; Prinsip Kerahasiaan; Etika Bisnis; Perlindungan Lingkungan Hidup.

Dengan usaha dan kemauan mantap, Indonesia berusaha mempraktekan konsep GCG dan dapat dikatakan sebagian besar telah berhasil melalui Gerakan Moral Bersih, Transparansi dan Profesionalism yang merupakan perwujudtan dari Revolusi Mental, sehingga banyak perusahaan BUMN dan beberapa perusahaan nasional besar dan lembaga/organisasi lainnya telah berhasil dalam implementasi GCG.

POKOK BAHASAN

Implementasi konsep GCG menyagkut pengembangan 2 (dua) aspek: hardware dan software.  Aspek pertama merupakan teknis pembentukan atau perubahan struktur sistem organisasi; sedang aspek kedua mencakup perubahan paradigma: visi, misi, nilai-nilai etika; dan sikap (attitudes and behavioral conducts). Di dunia bisnis lebih mudah dan memang merasa perlu untuk mengikuti dan memperbaharui penyusunan system dan prosedur serta pembentukan sistem organisasi menurut kebutuhan perkembangan dunia usaha.

Untuk perubahan software skills & behavioral conducts,peran penting adalah di pucuk pimpinan dan leadership. Pucuk pimpinan akan menularkan tindakan manajemen, dan kemampuan manajemen yang harus dapat mengelola keteraturan dan kelancaran proses organisasi serta ketaatan anggota perusahaan terhadap kebijakan dan sistem yang dirancang untuk melaksanakan prinsip GCG.

Indonesia boleh bangga bahwa yang melopori dan tetap memajukan GCG adalah beberapa perusahaan BUMN, berkat ketentuan dan arahan Kementerian BUMN dan pengembangan serta pemahaman pucuk pimpinan beberapa BUMN. Dalam Penjelasan UU No. 19 tahun 2003 disebutkan Tujuan GCG yang meliputi: Memaksimalkan Nilai BUMN dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan; Mendorong Pengelolaan BUMN secara Profesional; Mendorong agar organisasi dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi Nilai Moral dan Kepatuhan; Meningkatkan Kontribusi BUMN; Meningkatkan Iklim Investasi dan Mesukseskan Program Privatisasi.

Menjadi contoh nyata juga Pasar Modal mengajarkan dan mengharuskan Korporasi Terbuka (Go Public) menjalankan GCG. Dalam implimentasi GCG bagi perusahaan Tbk tentu harus menguasai Manajemen Risiko, Pengelolaan Informasi Teknologi, Pemahaman Regulasi Audit dan Praktek Audit yang Transparan dan Benar.

Contoh keberhasilan menerapkan GCG oleh perusahaan BUMN dan korporasi Tbk  yang masuk pasar modal yang nyata-nyata memberi manfaat "lebih" ; haruslah dapat diikuti oleh perusahaan lain baik menengah maupun yang sedang merintis usaha baru.

Tidak kalah penting dalam implementasi GCG adalah pemahaman Ilmu Komunikasi yang antara lain berupa penyampaian Informasi dan Komunikasi. Informasi bisnis, ekonomi dan politik harus difahami dan dikomunikasikan dalam bentuk dan kerangka waktu yang tepat agar manajemen memungkinkan melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan: mengikuti dan mendapat informasi eksternal dan internal yang penting sehubungan dengan bisnis perusahaan. Menyediakan informasi yang tepat bagi institusi/mereka yang harus diinformasikan. Informasi yang disampaikan terperinci dan tepat waktu dapat memberdayakan dalam melaksanakan tanggung jawab secara efektif dan efisien.

Komunikasi yang efektif harus terjadi dalam pengertian : mengalir kebawah, melintas dan naik ke atas dalam suatu organisasi.  Memahami pentingnya komunikasi demikian mrempermudah untuk pelaporan terjadinya ketidakwajaranyang diduga terjadi, semisal kecurangan: fraud. Dengan sistem komunikasi yang baik dapat dipastikan efektifitas keterbukaan: tranperancy.

Tentu ada juga hambatan implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) dan kemungkinan terjadi kegagalan. Kegagalan dapat diindentifikasi dan diperbaiki antara lain: karena terjadinya pengendalian internal yang tidak dihiraukan; karena pengendalian rumit atau terlalu kompleks; karena informasi dan komunikasi tidak berjalan (jelek); karena seringnya terjadi perubahan/modifikasi; dan karena terjadi kebosanan ataupun penolakan.

TOPIK PELATIHAN (TRAINING OUT-LINE)

  • GCG di Indonesia: Peluang dan Tantangan
  • Konsep dan Tujuan GCG
  • Prinsip-prinsip GCG: Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi  dan Kemitraan
  • Studi kasus BUMN yang sukses melaksanakan GCG
  • Hardware: Struktur Organisasi, Direksi dan Komisaris, Komite Audit, Sekretaris Perusahaan.
  • Software: Vision, Mission & Values;corporate ethics; attitudes and behavioral conducts; corporate responsibility & sustainable company.
  • Sistem Pengendalian Internal
  • Studi kasus GCG di Perbankan
  • Pelaporan Keuangan dan Persaingan Usaha
  • Tender secara Elektronik
  • Selintas Manajemen Risiko
  • Tanggung Jawab Sosial, Budaya, Moral dan Etika Perusahaan

METODOLOGI PELATIHAN

  • Bahasan Makalah Ilmiah dan Presentasi Power Point
  • Presentasi Video Studi Kasus Perusahaan yang sukses melaksanakan GCG
  • Interaktif: Diskusi dan pembahasan Problem Solving
  • Bahasan per kelompok dan presentasi dari Brain Storming Sessions
  • Result Oriented

YANG PERLU MENGIKUTI

  • Direksi, Pucuk Pimpinan, Company Secretary
  • Manajemen Level 1 dan 2
  • Manajemen Pelaksana dan Supervisors Level

FACILITATOR

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si

Ludwig Suparmo. Pelaku manajemen praktis, bekerja 56 tahun di berbagai industri Multi National Companies dan perusahaan nasional terkenal. Sambil bekerja menyelesaikan pendidikan Sarjana FISIP jurusan Adminstrasi Niaga, menyelesaikan Magister Ilmu Komunikasi dengan cum laud ketika berumur 60 tahun. Di undang oleh berbagai perusahaan/instansi pemerintah membagi ilmu dan pengalaman antara lain: Bank Indonesia Jawa Tengah, BPK Jawa Tengah, PELNI, dan beberapa instansi lain. Menjadi Lead Trainer di Value Consult Training & People Development, memberikan pelatihan yang diikuti oleh jajaran pimpinan dan senior maupun junior managers perusahaan BUMN dan Swata. Tiga kali dalam 4 tahun memberikan pelatihan dan simulasi komunikasi dalam Manjemen Krisis untuk perusahaan Fortune 500 yang memiliki 3 pabrik di DKI dan Jawa Barat. Memberikan presentasi sebagai dosen tamu beberapa kali di FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Univ. BINUS  dan London School of Public Relations. Mantan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi, Jakarta. Menulis beberapa penelitian kualitatif untuk berbagai Jurnal, termasuk Jurnal LIPI dan On-line Journal Pax Humana (UKSW).

Buku Akademik dan Popular Science yang diterbitkan:

  • Aspek  Ilmu Komunikasi dalam Public Relations (2011),
  • Manajemen Krisis (2011),
  • Manajemen Krisis, Isu, dan Risiko (2018),
  • Manajemen Agar Tidak Stres (2018).
  • Dalam proses editing buku Bunga Rampai Pengembangan Karakter – Acuan bagi Program Pemerintah Meningkatkan Kualitas SDM Bangsa (segera terbit di tahun 2019).

Spesialisasi memberi pelatihan/seminar/workshop dalam Pengetahuan Praktis Ilmiah:  CSR/Community Development, Corporate Branding, Integrated Marketing Communication,  Crisis, Issues and Risks Management, Panic & Stress Management, Conflict Management, Compliance Management, Millenneal Generation Management,  dan facilitator: Business English.

Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 4 Jan 2021)
Rp. 4.650.000 ,- (REG before 31 Dec 2020; payment before 4 Jan 2021)
Rp. 4.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 14 Jan 2021)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Air Cargo
Kuretakeso Hotel - Kemang / Blue Sky - Slipi/Best Western Premier - Cawang, Jakarta, 25-26 Jan 2021
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.650.000,-
 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan dan penambahan pengetahuan serta kecakapan dalam menangani pengiriman kargo melalui tarsportasi udara (air cargo) mengacu pada ketentuan national dan international. Peserta akan menjadi cakap membuat keputusan dalam penerimaan, penanganan pengiriman cargo memakai transportasi udara mengacu pada aturan national dan international yang berlaku.

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta dapat memahami aturan penanganan pengiriman barang / cargo melalui angkutan udara
  2. Peserta dapat memahami cara pengiriman cargo melalui angkutan udara
  3. Peserta mampu menjelaskan kembali tata cara penanganan pengiriman cargo melalui angkutan udara baik general cargo maupun special cargo
  4. Peserta mampu mengklasifikasikan Dangerous Goods berdasarkan sifat dan jenis zatnya, mengidentifikasi dangerous goods berdasarkan data Material Safety Data Sheets (MSDS), tampilan fisik, packing, proper shipping name maupun UN number dari suatu zat dan tata cara dokumentasi Dangerous Goods
  5. Peserta memahami penanganan irregularity & claim kehilangan, kerusakan cargo

Metode Pelatihan

  • Klasikal
  • Diskusi
  • Latihan soal
  • Praktek pengisian dokumen pengiriman barang 

Peserta

Level  Staff, Specialist atau Manager yang menangani kargo udara pada perusahaan : 

  • Freight Forwarder
  • Perusahaan Cargo 
  • Perusahaan Jasa Titipan (courier)
  • Perusahaan logistic 
  • Perusahaan dagang / exporter 
  • Perusahaan minyak dan gas bumi 

Fasilitas Pelatihan

  • Hands out materi pelatihan  (hardcopy)
  • Training kit
  • Lunch & snack
  • Sertifikat

Outline Materi 

  • Kargo Udara
    • Definisi Kargo Udara
    • Kode Untuk Penanganan Khusus
    • Singkatan-singkatan
  • Penerimaan Kargo
    • Prosedur Reservasi & Penerimaan Kargo Umum
    • Dokumentasi 
    • Tanggung jawab Pengirim
    • Pengemasan & Penandaan Barang
    • Pemberian Label
    • Cara-cara Pembayaran
    • Hak Disposisi Pengirim
    • Petunjuk-petunjuk Bagi Staff Kargo
  • Penerimaan Kargo Khusus
    • Penerimaan, penanganan dan perlindungan bagi barang kiriman berupa hewan hidup
    • Barang Berharga
    • Jenazah / Abu Jenazah
    • Barang-barang Campuran
    • Barang Berbahaya
    • Penerimaan dan penanganan Transfer Kargo Dari atau Ke Penerbangan lainnya
  • Tariff & biaya
    • Definisi Biaya
    • Kargo Tarif & Biaya
    • Konstruksi Tarif
  • Surat muatan udara (SMU)/ air waybill
    • Definisi Surat Muatan Udara
    • Komposisi Isi Surat Muatan Udara
    • Cara Pengisian Surat Muatan Udara 
  • Pengiriman kargo dari airport asal
    • Pengiriman Yang Sebagian
  • Pemeriksaan kargo di tempat tujuan
    • Pemeriksaan Kargo Pada Stasiun yang Dituju
    • Pengiriman Kargo Pada Stasiun yang Dituju
    • Pengiriman Yang Tidak diakui / Diambil- Prosedue Penolakan 
  • Pelacakan kargo, klaim & refund
    • Prosedur Pelacakan Kargo Umum
    • Prosedur Pelacakan Kargo Hilang
    • Penanganan Klaim 
    • Refun (Penggantian)

Facilitator

Muhammad Rifni, SE, MMTr

Praktisi dan trainer  yang mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun dibidang manajemen tansportasi udara khususnya dibidang cargo, dangerous goods,  multimoda transport dan freight forwarder.  Beliau saat ini juga sebagai pengajar di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor-STMT Trisakti Jakarta.

Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 15 Jan 2021)
Rp. 4.650.000 ,- (REG before 11 Jan 2021; payment before 15 Jan 2021)
Rp. 4.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Jan 2021)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Hukum Kepailitan
Kuretakeso Hotel - Kemang / Blue Sky - Slipi/Best Western Premier - Cawang, Jakarta, 10-11 Feb 2021
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.650.000,-
 

DESKRIPSI TRAINING KEPAILITAN

Begitu banya perusahaan atau pribadi yang mengalami kesulitan terutama di bidang keuangan yang tak mampu memenuhi kewajibannya baik kepada pihak ketiga maupun kepadakaryawan. Jika sudah sampai pada tahap yang sedemikian, maka Kepailitan menjadi prosedur hukum yang digunakan sebagai jalan terakhir untuk menyelesaikan masalah keuangan perusahaan, setelah berbagai alternatif penyelesaian ditempuh. Kepailitan bisa mengakibatkan penyitaan harta benda jika ternyata harta benda itu merupakan jaminan gadai yang belum dibayar. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai dasar hukum kepailitan hingga langkah penanganan adanya kepailitan.

POKOK POKOK BAHASAN DALAM TRAINING

  1. Definisi Pailit
  2. Tinjauan Kepailitan Secara Umum Berdasarkan UU No.37 Tahun 2004
  3. Konsekwensi Hukum Kepailitan
  4. Kurator Sebagai Pihak Profesional dalam melakukan pembagian Budel
    Pailit kepada para Kreditur
  5. Pembagian Budel Pailit Sebagai Upaya pemenuhan Kewajiban Debitur
  6. Status Hukum Pemegang Hak Tanggungan dan Jaminan Lainnya
    dilindungi Undang-Undang
  7. Tinjauan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) secara Umum Berdasarkan UU No.37 Tahun 2004
  8. PKPU Sebagai Alternatif Perdamaian dalam upaya Restrukturisasi
    Utang
  9. Konsekwensi PKPU dan kepailitan Sebagai Akibat Hukum Wanprestasi
    terhadap perdamaian
  10. Bagaimana Menangani Piutang Bermasalah dan strategi penanganannya.
  11. Background dari timbulnya Piutang Bermasalah
  12. Alternatif-alternatif penanganan piutang bermasalah
  13. Penanganan piutang bermasalah melalui hukum perdata
  14. Pengadilan Niaga dalam hal penyelesaian Piutang bermasalah dan Perkembangannya dalam era globalisasi
  15. Peranan dan fungsi Kurator dalam Kepailitan untuk penyelesaian piutang bermasalah
  16. Kepailitan dan efektifitasnya dalam recovery utang.
  17. Strategi melakukan gugatan perdata / kepailitan yang efisien & efektif
  18. Efektifitas penggunaan gugatan perdata & kepailitan dalam pengembalian utang

METODE TRAINING HUKUM KEPAILITAN

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Case Study

FACILITATOR

Philip O. Leander, SH.

Philip Octavianus Leander, berlatar belakang pendidikan hukum di Universitas Indonesia, Fakultas Hukum mengambil program kekhususan Hukum Perdata Internasional. Selanjutnya bekerja di beberapa jenis pekerjaan, dan menghabiskan sebagian besar dari waktunya sebagai Konsultan Hukum di beberapa Kantor Pengacara dengan durasi yang lebih dari sepuluh tahun lamanya. Pernah bekerja juga sebagai Legal Manager di sebuah perusahan pertambangan sehingga beliau sangat mengerti seluk beluk hukum mengenai korporasi atau perusahaan. Telah membawakan topik2 training Aspects of Contract, Hukum Kepailitan & Hukum Ketenagakerjaan selama beberapa tahun sehingga penguasaan akan materi training tersebut tidak diragukan lagi.

Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 31 Jan 2021)
Rp. 4.650.000 ,- (REG before 27 Jan 2021; payment before 31 Jan 2021)
Rp. 4.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 10 Feb 2021)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Ms. Riri

Social Media

More Training in 2021
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
14 Jan 2021 Good Corporate Governance (GCG) Implementation Drs. Ludwig Suparmo, M.Si Rp. 4.650.000 Confirm Running
10-11 Feb 2021 Hukum Kepailitan Philip O. Leander, SH. Rp. 4.650.000 Confirm Running
18-19 Feb 2021 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.950.000 Almost Running
28-29 Jan 2021 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.950.000 Almost Running
18-19 Feb 2021 Comprehensive Training Management System for Training Officer Drs. Agus Mauludi Psi. Psikolog Rp. 4.650.000 Almost Running
5-6 Feb 2021 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.950.000 Almost Running
24 Feb 2021 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 3.150.000 Almost Running
22 Jan 2021 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 2.850.000 Almost Running
24 Feb 2021 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 2.850.000 Almost Running
10-11 Feb 2021 Effective Selling Skills and Negotiation for AE Semba Biawan Rp. 4.650.000 Almost Running
21 Jan 2021 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 2.850.000 Almost Running
12 Feb 2021 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 2.850.000 Almost Running
4-5 Feb 2021 Personnel Administration Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 4.650.000 Almost Running
2-3 Mar 2021 Personnel Administration Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 4.650.000 Almost Running
25-26 Jan 2021 Perjanjian Kerja Waktu Tertentu & Outsourcing Cecilia Sri Hayani Rp. 4.650.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar